Jumat, 22 Oktober 2021

Bambang Sulistomo : Hukum Harus Ditegakkan Secara Adil, Jika Ingin Wujudkan Keadilan Sosial

Bambang Sulistomo : Hukum Harus Ditegakkan Secara Adil, Jika Ingin Wujudkan Keadilan Sosial

Merenim Post-Tanpa demokrasi, dan tegaknya hukum, keadilan sosial hanya akan jadi slogan kosong yang diucapkan dalam janji janji politik yang kosong.

Demikian disampaikan Ketua Umum Ikatan Pendukung Kemerdekaan Indonesia (IPKI) Bambang Sulistomo menyoroti sikap partai politik yang dianggap tidak lagi mewujudkan keadilan sosial di tanah air.

“Coba kita lihat sekarang apakah partai partai politik itu pernah ngomong soal keadilan sosial, coba ada gak ? coba cari di media. Apakah partai-partai politik dalam menyusun Undang-undang itu, Omnibus Law, apakah ada unsur keadilan sosial disebut ? Tidak ada. Karena apa ? Tidak teguh dalam pendirian, padahal ini adalah warisan leluhur para pendiri negara. Padahal keadilan sosial ini impian kita bersama,” tandas putra Pahlawan nasional Bung Tomo itu.

Masih menurut Bambang, baca Pembukaan UUD 45, bahwa negara Indonesia adalah negara hukum bukan negara kekuasaan, artinya kekuasaan siapapun  tidak bisa menggunakan hukum seenaknya,  apalagi sebagai komoditas perdagangan.

“Hukum harus ditegakkan secara adil, jika kita ingin mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Hukum bisa ditegakkan, jika rakyat mempunyai kedaulatan dalam alam demokrasi, sehingga rakyat mampu mengawasi semua praktek kekuasaan agar sesuai dengan rasa keadilan masyarakat,” ujarnya sambil mengingatkan.

Sementara Ketua Umum Majelis Pimpinan Nasional (MPN) Pemuda Pancasila Japto S Soerjosoemarno dalam acara tersebut menyoroti tentang Pandemi Covid-19, yang telah menimbulkan dampak sosial bagi Indonesia.

“Bicara sosial, kita lihat akibatnya (COVID-19), saya ambil contoh anak-anak sekolah tidak bisa sekolah, mereka zoom (sekolah online) dari rumah. Tidak semua anak sekolah punya gadget. Udah gadgetnya gak punya, yang punya gadget pun gak punya wifi, gak punya internet,” ujar Yapto yang juga mengapresiasi langkah cepat pemerintah yang mengalokasikan anggaran belanja untuk mengatasi dampak Pandemi COVID-19. “Ini keputusan yang cepat dari pimpinan negara kita mengatasi hal ini. Sebaliknya, kalau tidak diawasi dengan benar ini kesempatan korupsi yang terbesar yang terjadi di bangsa Indonesia. Sehingga pengawasannya juga harus ketat,” tegas Japto. (mp)

link https://merenimpost.com/6979/bambang-sulistomo-hukum-harus-ditegakkan-secara-adil-jika-ingin-wujudkan-keadilan-sosial.html

0 comments:

Posting Komentar